Mendongeng/bercerita adalah salah satu metode pengajaran yang paling efektif untuk mendidik anak-anak.

seminar teknik mendongeng1Sehingga diharapkan setiap guru harus bisa mendongeng dan menjadikannya sebagai media saat menyampaikan materi kepada anak-anak. guru yang pandai mendongeng akan lebih dekat dengan anak karena anak sangat menyukai dongeng yang dibawakan oleh guru tersebut bahkan setiap hari anak selalu menantikan dongeng dari guru tersebut.

Saat anak-anak sudah dekat dengan guru, maka guru pun aan lebih mudah menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anam-anak dan sang guru pun akan mudah memberikan materi pembelajaran setiap harinya…wow..luar biasa.

Seminar teknik mendongeng ini diadakan di taman rekreasi pemancingan Dewandaru Gunungpati Semarang yang dihadiri oleh guru-guru se-kecamatan Gunungpati . Kegiatan ini diadakan untuk menambah wawasan dan ilmu teknik mendongeng yang baik dengan pemateri Kak Kus dari Kerajaan Dongeng Semarang.

Salah satu materi yang disampaikan adalah  Proses Mendongeng yang meliputi :

-    Bagian awal (teknik pembukaan)

-    Bagian tengah (inti cerita)

-    Bagian akhir (penutup)

Bagian awal inilah yang menentukan anak-anak berminat atau mau melanjutkan mendengarkan dongeng kita atau tidak. Dengan teknik pembukaan yang baik maka anak-anak akan terus ingin mendengarkan dongeng kita.

Bseminar teknik mendongeng2agian yang tak kalah penting adalah bagian tengah atau inti cerita kita. Tentunya kita akan memberikan cerita yang menarik kepada anak, sehingga anak dapat memahami nilai-nilai baik yang ada dalam cerita tersebut.

Bagian akhir ini merupakan bagian penutup yang biasanya dilakukan dengan menarik kesimpulan dari dongeng yang kita bawakan.

Banyak materi yang disampaikan Kak Kus pada saat itu yang membuat semua audience puas dan akan mempraktekkan di sekolah masing-masing.

Tagged with:

Filed under: Pelatihan

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!